Banjir Besar Jakarta Rendam 30.470 RT, 1.722 Jiwa Masih Mengungsi



HARIANMASSA.COM – Sebanyak 49 RT di wilayah DKI Jakarta hingga hari ini masih tergenang banjir. Lima orang bahkan dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, saat banjir besar terjadi pada Sabtu 20 Februari 2021, jumlah RT yang terendam banjir di wilayah DKI Jakarta sebanyak 30.470 RT. Tetapi, sebagian besar air telah surut.

“Tersisa 49 RT yang masih banjir,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Harianmassa.com, Minggu (21/2/2021).

Dilanjutkan Sabdo, jumlah pengungsi yang masih bertahan di luar rumah mereka saat ini ada sebanyak 1.722 jiwa dari total sebanyak 514 KK. Mereka paling banyak berada di wilayah Jakarta Timur yang tersebar di sedikitnya 10 pengungsian.

Lebih jauh, dirinya merinci wilayah yang masih kebanjiran. Di Jakarta Barat ada 5 RW, terdiri dari 6 RT, dengan ketinggian air 40 sampai 70 cm. Sedang di Jakarta Selatan, terdapat 6 RW, terdiri dari 11 RT, dengan ketinggian air 40 hingga 90 cm.

Sementara di Jakarta Timur, terdapat 12 RW, terdiri dari 32 RT, dengan ketinggian air 40 sampai 100 cm. Adapun, total pengungsi keseluruhan berada di Jakarta Timur, yaitu sejumlah 1.722 jiwa dari 514 KK.

“Terdapat 5 korban jiwa dalam banjir kali ini. Korban pertama adalah lansia 67 tahun berjenis kelamin laki-laki yang terkunci di dalam rumah, di Jatipadang, Jakarta Selatan,” jelasnya.

Korban meninggal selanjutnya, 4 orang anak-anak, terdiri dari 3 anak laki- laki di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat yang hanyut terseret arus banjir saat sedang bermain, dan 1 anak perempuan usia 7 tahun yang tenggelam di Jakarta Barat.

Baca Juga:  Eksekusi Lahan di Pinang Tangerang, 10 Ribu Jiwa Bakal Dikorbankan

Untuk bantuan makanan dan perlengkapan kebesihan, dia mengatakan, masih terus diupayakan untuk penanganan dengan mengutamakan keselamatan jiwa.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

TERPOPULER

Baca Juga:  Hujan Deras, 32 RT di DKI Jakarta Terendam Banjir

BERITA TERKINI