Pelanggan PDAM TKR Kabupaten Tangerang Jerit, Tagihan Pembayaran Air Naik Hingga 600%



HARIANMASSA.COM – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang teriak. Lantaran, terjadi kenaikan tagihan air hingga 600%, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu atau sepihak.

Muladi, warga Keroncong Permai, Gebang Jaya, Periuk, Kota Tangerang mengatakan, biasanya tagihan listriknya hanya sekira Rp100-150 ribu sebulan. Tetapi, tiba-tiba melonjak menjadi hingga Rp1 juta atau naik hingga 600%.

“Yang biasanya bayar Rp100-150 ribu, sekarang bisa sampai satu jutaan. Di rumah saya sendiri, biasa Rp70-80 ribu, sekarang hampir 500 ribu tagihannya. 600% lebih lonjakannya,” katanya, kepada Harianmassa.com, Rabu (10/2/2021).

Dia mengaku, ada yang aneh dalam kenaikan pembayaran airnya itu, dan meminta penjelasan dari pihak PDAM TKR.

Sementara itu, Kabid Humas PDAM TKR, Ahmad Rizal mengatakan, kenaikan tagihan pemakaian air dikarenakan hasil pencatatan manual di bulan Januari 2021 yang menemukan adanya kelebihan pemakaian air oleh pelanggan.

“Ada kelebihan pemakaian air oleh pelanggan, dibandingkan dari tagihan yang dihitung berdasarkan rata-rata pemakaian selama tiga bulan. Sehingga kekurangan tagihan terakumulasi pada catatan meter di bulan Januari,” kata dia, dalam siaran tertulis yang diterima Harianmassa.com.

Dilanjutkan Rizal, pada Januari 2021 lalu, pihaknya telah melakukan pencatatan secara manual, pada masing-masing meteran air pelanggan setelah 10 bulan tidak dilakukan, karena faktor pandemi Covid-19.

“Kami menghitung tagihan berdasarkan pemakaian air oleh tiap-tiap pelanggan, rata-rata selama tiga bulan terakhir. Jumlah tersebut yang kami tagihkan, karena petugas tidak melakukan pencatatan secara manual,” paparnya.

Meski demikian, pihaknya memberikan solusi pembayaran kepada pelanggan dengan meringankan beban pelanggan. Kebijakannya tersebut, proses pembayaran bisa dicicil, dengan mengajukan permohonan ke kepada cabang.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

No Content Available
Baca Juga:  BPS Catat Inflasi 2020 Capai 1,68% Terendah Sejak 2014

TERPOPULER

BERITA TERKINI